STOK BINA GUNA MENGADAKAN SOSIALISASI 4 PILAR BERBANGSA DAN BERNEGARA BERSAMA ANGGOTA DPR RI

Anggota DPR RI komisi X, Bapak dr Sofyan Tan mengatakan, olahraga adalah hal efektif dalam mempersatukan bangsa karena di dalamnya tidak pernah mempermasalahkan asal-usul suku, agama dan ras.

“Olahraga itu mempersatukan kita. Menjunjung tinggi sportivitas dan patriotisme,” kata Sofyan Tan saat memberikan sosialisasi 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika di Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan (STOK) Bina Guna Jalan Alumunium Raya, Medan, Rabu (18/4).

Sofyan Tan mengatakan, pilihannya untuk melakukan sosialisasi 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara di STOK Bina Guna adalah pilihan yang tepat. Sebab di dunia olahraga sportivitas menjadi yang utama. Jika masih ada olahragawan yang bertindak rasis, hukumannya pasti berat dan bisa sampai larangan untuk bertanding.

Bukti bahwa olahraga mempersatukan adalah bisa dilihat dari atlet bulu tangkis ganda putra dan ganda campuran Indonesia yang selalu memberikan prestasi dunia. Tidak pernah pasangan ganda putra dan campuran Indonesia yang telah mengukir prestasi berasal dari latar belakang yang sama.

Menurut Sofyan Tan, orang yang mampu berkomitmen memajukan olahraga adalah orang yang telah menjalankan amanat Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Karena itu ia tetap aktif di olahraga yakni menjadi Ketua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Sumut.

“Olahraga juga dapat dijadikan parameter atau ukuran suatu negara maju atau tidak. Umumnya negara yang punya prestasi dunia di bidang olahraga adalah negara maju. Bisa dilihat di persaingan peringkat olimpiade yang biasa bersaing di peringkat atas adalah Amerika Serikat, China dan Rusia,”ungkapnya.

Ia mengingatkan agar 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika bukan untuk dihapal. Tapi untuk diimplementasikan. “Mulailah melakukannya dengan hal-hal sederhana seperti tidak pernah mempertentangkan dan mempertanyakan latar belakang berdasarkan suku, agama dan ras,”ujarnya.

Ketua Yayasan Bina Guna Medan Ir Bobby Indra SPd berharap sosialisasi 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara dapat dipahami dengan jernih oleh mahasiswa agar dapat diimplementasikan dengan mudah di kehidupan sehari-hari.

Ketua STOK Bina Guna Medan dr Hj Liliana Puspa Sari SPd MKes dalam kesempatan itu meminta arahan dan bimbingan dari Sofyan Tan terkait 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara kepada mahasiswa STOK Bina Guna Medan.

“Kami sangat berterimakasih dengan dipilihnya STOK Bina Guna sebagai tempat sosialisasi dengan harapan bisa memotivasi dosen dan mahasiswa,”katanya