Kemenpora-STOK Bina Guna Gelar Pelatihan Pelatih Pemula

Sebanyak 500-an peserta mengikuti pelatihan pelatih pemula cabor se-Sumatera Utara yang di gelar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan (STOK) Bina Guna di Aula Universitas Islam Negeri Sumut, 28-29 Juli 2018.

Pelatihan dengan tema ‘Prestasi Yang Ku Inginkan, Sumut Emas Menjadi Tujuan’, menghadirkan pembicara Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Prof Dr Mulyana M.Pd, Dr Sri Sudono Sumarto (Kemenpora) dan Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan UNIMED juga Dosen STOK Bina Guna, Ibrahim Sembiring S.Pd, M.Pd.

Dalam sambutannya, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI, Prof Dr Mulyana M.Pd, mengatakan, pelatihan ini masuk dalam program utama pihaknya, guna mendorong dan melahirkan serta meregenerasi pelatih dan instruktur baru di seluruh cabor. “Kami punya program 100 ribu pelatih dan instruktur. Tentu ini menjadi bagian penting untuk mewujudkan Program Presiden RI Jokowi Widodo. Karena kekuatan terbesar untuk membentuk atlet internasional adalah peran pelatih juga instruktur,” jelasnya.

Dihadapan Ketua STOK Bina Guna Medan, dr Hj Liliana Puspa Sari SPd MKes, Wakil Ketua KONI Sumut Prof Agung Sunarno, Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sumut, Josua Sinurat, Ketua Umum KONI Kota Medan, Drs Eddy H Sibarani, serta 500-an peserta pelatihan dari latar belakang mahasiswa, guru olahraga dan pelaku olahraga, Mulyana menyinggung tema yang diangkat. Yakni, Prestasi Yang Ku Inginkan, Sumut Emas Menjadi Tujuan, yang saat ini prestasi olahraga masih didominasi daerah di Pulau Jawa. “Tapi nanti, enam tahun lagi tentu saja Sumut menjadi tuan rumah PON setidaknya menjadi rangking ketiga,” yakinnya.

Katanya, program ini akan disebatluaskan keseluruh daerah se-Indonesia. Dengan pelatihan ini turut melahirkan atlet dan instruktur yang baru. “Program ini akan disebar seluruh daerah Indonesia, termasuk Kab/Kota. Bagaimana membangun calon-calon pelatih. Supaya kedepannya, bangsa ini banyak SDM,” kata Mulyana.

Penghujung sambutannya, Mulyana berharap dari pelatihan ini kiranya melahirkan pelatih yang siap menciptakan atlet untuk banyak melahirkan prestasi bagi daerah juga bangsa ini. “Harapan kami, 100 ribu pelatih dan instruktur yang mengikito pelatihan ini, bagaimana tiap daerah memiliki dan menciptakan atlet seperti Muhammad Zohri,” pungkas Mulyana.

Sedangkan Ketua STOK Bina Guna Medan, dr Hj Liliana Puspa Sari SPd MKes, berharap, pelatihan ini menjadi bakal bagi pelatih muda untuk fokus dan serius serta mampu melahirkan atlet yang berprestasi. “Selamat mengikuti pelatihan ini. Yakinkan diri, jika pestasi olahraga Sumatera Utara kedepan harus kita raih dan tingkatkan untuk kita persembahkan,” pungkas wanita yang akrab disapa Lili itu