Seleksi mahasiswa baru STOK Bina Guna Medan

Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan (STOK) Bina Guna adalah Perguruan Tinggi yang berkonsentrasi pada Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi (PJKR). Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam proses penerimaan mahasiswa baru yang dibangun STOK Bina Guna meliputi tes tulis, kesehatan dan fisik. Tes tulisan berisikan tentang tes kepribadian, pengetahuan akademik, dan pengetahuan umum yang diselesaikan dalam waktu paling lama 60 menit untuk 50 soal. Tes kesehatan dan fisik meliputi tes urin (napza), tes kondisi fisik (tato tubuh), vertical jump, tes lempar tangkap bola (koordinasi mata tangan), tes push up-sit up, shuttle run, dan bleep test.

Calon mahasiswa baru STOK Bina Guna gelombang 1 tahun 2018 adalah 140 orang dan dinyatakan berhak mengikuti seluruh rangkaian tes yang dilaksanakan pada 4 Agustus 2018. Data diperoleh berdasarkan hasil tes adalah 124 orang atau 88,57% dari total seluruh calon mahasiswa dinyatakan lulus dan berhak menjadi mahasiswa STOK Bina Guna, sedangkan 16 orang atau 11,43% dinyatakan tidak lulus dan harus mengikuti tes pada gelombang 2 bulan Oktober 2018. Keterangan yang dapat disimpulkan berdasarkan hasil tes calon mahasiswa adalah seluruh peserta tes yang dinyatakan lulus merupakan calon mahasiswa yang benar-benar dalam kondisi sehat fisik dan psikis serta bebas dari penyalagunaan napza, sedangkan calon mahasiswa yang dinyatakan tidak lulus akan dibimbing untuk dapat memenuhi standar kelulusan tes yang ditetapkan STOK Bina Guna.

Konsistensi yang ditanamkan STOK Bina Guna melalui hasil tes tulis, tes fisik dan kesehatan merupakan komitmen Perguruan Tinggi untuk menciptakan lembaga pendidikan yang unggul dalam menciptakan lulusan sehat jasmani dan rohani serta terbebas dari penyalagunaan napza yang dimulai dengan proses dan tahapan tes sebelum resmi menjadi mahasiswa. Tujuan tes yang diterapkan STOK Bina Guna adalah untuk menjamin seluruh calon mahasiswa ikut serta mewujudkan tujuan perguruan tinggi yang bersih dan melahirkan lulusan yang berkompetensi, serta membentuk karakter mahasiswa yang profesional dan mampu bersaing secara global dibidangnya.