HUBUNGAN KESEIMBANGAN, KOORDINASI MATA - KAKI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA

(Studi Korelasi Siswa Putra Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tanjung Morawa)

  • Liliana Puspa Sari

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode korelasional, yang dalam pengambilan sampelnya menggunakan metode sampling jenuh (sensus). Sampel dalam penelitian ini berjumalah 20 orang. Instrumen penelitian berupa kuesioner untuk Motivasi belajar, agiliti tes untuk keseimbangan, tes koordinasi mata-kaki dan tes hasil belajar menggiring bola.Pengujian persyaratan analisis yaitu: (1) uji normalitas, (2) uji homogenitas dan (3) Uji Linearitas.Hasil dari penelitian yaitu (1) Terdapat hubungan yang signiifikan antara keseimbangan dengan hasil belajar menggiring bola dengan rx2y= 0.88 dan besarnya kontribusi kelentukan togok dengan keterampilan menggiring bola sebesar 77.44%. (2) Terdapat hubungan yang signiifikan antara koordinasi mata-kaki dengan keterampilan menggiring bola dengan rx3y= 0.767 dan besarnya kontribusi koordiasi mata-kaki dengan keterampilan menggiring bola sebesar 58.83%.(3) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar menggiring bola dengan rx1y= 0.736 dan kontribusi motivasi belajar dengan hasil belajar menggiring bola sebesar 54.17%.  (4) Terdapat hubungan yang signiifikan antara keseimbangan,koordinasi mata-kaki dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar menggiring bola dengan rx123y= 0.89 dan besarnya kontribusi antara keseimbangan,koordinasi mata-kaki dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar menggiring bola sebesar 79.21%.

Published
2017-07-15
How to Cite
SARI, Liliana Puspa. HUBUNGAN KESEIMBANGAN, KOORDINASI MATA - KAKI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA. Tren Terbaru Dalam Penelitian dan Penelitian Bidang Olahraga, [S.l.], n. 1, p. 57-61, july 2017. Available at: <http://stok-binaguna.ac.id/jurnal/index.php/prosiding/article/view/12>. Date accessed: 18 aug. 2019.