Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dribbling Dalam Pembelajaran Permainan Sepak Bola Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 42MedanTahun Ajaran 2014/2015

  • Fajar Mugo Raharjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar Dribbling Dalam Permainan Sepak Bola melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 42 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2015. Berdasarkan hasil belajar siswa pada data awal setelah tes hasil belajarĀ  dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik Dribblingmasih rendah dari 30 orang siswa terdapat 9 orang (30%) yang mencapai ketuntasan dan 21 orang (70%) yang belum mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 63. Pada Siklus I dapat kita lihat dari 30 orang siswa terdapat 21 orang (70%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, Sedangkan 9 orang (30%) belum mencapai ketuntasan belajar, Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 71,3. Kemudian pada Siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar dribbling secara klasikal sudah meningkat. Dari 30 orang siswa terdapat 26 orang (87%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang (13%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 76,2. Berdasarkan penjelasan diatas maka dapatĀ  ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar Dribblingpada Siswa Kelas VII SMP Negeri 42 Medan Tahun Ajaran 2014/2015.

Published
2017-07-15
How to Cite
RAHARJO, Fajar Mugo. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dribbling Dalam Pembelajaran Permainan Sepak Bola Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 42MedanTahun Ajaran 2014/2015. Tren Terbaru Dalam Penelitian dan Penelitian Bidang Olahraga, [S.l.], n. 1, p. 94-98, july 2017. Available at: <http://stok-binaguna.ac.id/jurnal/index.php/prosiding/article/view/19>. Date accessed: 23 sep. 2019.