PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR KATA(JURUS) MELALUI PENDEKATAN MASTERY LEARNING

  • Ratna Dewi

Abstract

Secara umum tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar kata pada perkuliahan karate melalui pembelajaran mastery. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan motivasi, proses dan peningkatan hasil belajar kata Karate pada mahasiswa. Penelitian tindakan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester genap Pendidikan Kepelatihan kelas A regular FIK Universitas Negeri Medan.           Penelitian ini dilakukan dengan empat kali pertemuan terdiri dari dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Untuk menguji peningkatan motivasi belajar kata melalui pembelajaran mastery pada mata kuliah karate peningkatan motivasi belajar kata melalui pembelajaran mastery pada siklus I menunjukkan bahwa 29 (60,42%) mahasiswa telah tuntas, dan 19 (39,58%) mahasiswa belum tuntas. Hal ini berarti untuk aspek psikomotorik pada pembelajaran Siklus I belum tuntas secara klasikal yaitu 85% mahasiswa belajar tuntas.Oleh karena itu perlu diadakan perbaikan untuk siklus berikutnya. Dari hasil penilaian menunjukan bahwa 43 (89,58%) peserta didik telah tuntas, dan 5 (10,42%) mahasiswa belum tuntas. Hal ini berarti untuk aspek psikomotorik pada pembelajaran Siklus II telah tuntas secara klasikal yaitu 95% mahasiswa tuntas.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) dengan metode belajar tuntas (mastery learning) dapat meningkatkan motivasi belajar kata karate mahasiswa. (2) proses belajar di kelas menjadi lebih aktif dengan meningkatnya motivasi belajar mahasiswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar setiap mahasiswa.

Published
2017-07-15
How to Cite
DEWI, Ratna. PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR KATA(JURUS) MELALUI PENDEKATAN MASTERY LEARNING. Tren Terbaru Dalam Penelitian dan Penelitian Bidang Olahraga, [S.l.], n. 1, p. 126-133, july 2017. Available at: <http://stok-binaguna.ac.id/jurnal/index.php/prosiding/article/view/24>. Date accessed: 16 sep. 2019.