UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIIa SMP SWASTA AMAL BAKTI MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

  • Devi Catur Winata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar Passing atas dalam Permainan Bola Voli Melalui Variasi Pembelajaran pada siswa kelas VII SMP Swasta Amal Bakti Medan tahun ajaran 2015/2016. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan jumlah siswa  30 orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan yang akan diberikan tindakan berupa Variasi pembelajaran terhadap hasil belajar Passing atas.Dari 30 orang siswa terdapat 20 orang (60%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 10 orang (40%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 76,3. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 30 orang siswa terdapat 26 orang (88%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang (13%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,7, sehingga terdapat kenaikan 25% hasil belajar dari siklus I ke siklus II.Berdasarkan hal itu maka dapat di simpulkan bahwa pembelajaran melalui variasi Pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Passing Atas pada siswa kelas VII SMP Swasta Amal Bakti Medan Tahun Ajaran 2014/2015.

Published
2017-07-14
How to Cite
WINATA, Devi Catur. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIIa SMP SWASTA AMAL BAKTI MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Tren Terbaru Dalam Penelitian dan Penelitian Bidang Olahraga, [S.l.], n. 1, p. 18-23, july 2017. Available at: <http://stok-binaguna.ac.id/jurnal/index.php/prosiding/article/view/6>. Date accessed: 16 sep. 2019.