UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MERODA DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI GAYA MENGAJAR KOMANDO PADA SISWA KELAS XI SMA GKPS 1 PEMATANG RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN TAHUN AJARAN 2015/2016.

  • BOBY HELMI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Meroda
melalui penerapan gaya mengajar komando pada siswa kelas XI SMA GKPS 1
Pematang Raya Kabupaten Simalungun Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah
siswa kelas XI yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang yang akan
diberikan tindakan berupa pembelajaran melalui Penerapan gaya mengajar komando
terhadap hasil belajar meroda senam lantai.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir
setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian Tes Hasil Belajar meroda senam lantai.
Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu
atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data.
Hasil penelitian menyimpulkan : Dari 28 siswa terdapat 8 siswa (28,57%) yang
telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa
55,17%. Hasil dari siklus I terdapat 18siswa (64,28%) dari 28 siswa, yang telah
mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 68,14%.
Di siklus II terdapat 25 siswa (89,28%) dari 28 siswa yang telah mencapai tingkat
ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 79% dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa
dari tes awal sampai dilakukannya siklus I dan siklus II terjadi peningkatan, dapat
dikatakan melalui penerapan gaya mengajar komando ini dapat meningkatkan hasil
belajar siswa.

Published
2018-03-23
How to Cite
HELMI, BOBY. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MERODA DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI GAYA MENGAJAR KOMANDO PADA SISWA KELAS XI SMA GKPS 1 PEMATANG RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN TAHUN AJARAN 2015/2016.. Volume 6 No 1, Maret 2018, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 26-31, mar. 2018. ISSN 2338-6029. Available at: <http://stok-binaguna.ac.id/jurnal/index.php/vol6-01-2018/article/view/116>. Date accessed: 16 sep. 2019.