PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DASAR RENANG SISWA TK ALBIRUNI MAKASSAR

  • KURNIA RUSLI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Hasil Belajar Kemampuan Dasar Renang Pada
Siswa TK Albiruni . Penelitian dilaksanakan di kolam renang tirta lontara. Penelitian ini
dilakukan mulai dari minggu kedua bulan Oktober 2017 sampai minggu keempat bulan
Desember 2017. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan penelitian tindakan kelas
(Classroom Action Research) dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan
penelitian melibatkan 2 orang guru pendidikan jasmani sebagai kolaborator. Penelitian dilakukan
sebanyak 2 siklus dimana dalam siklus I terdapat 4 kali pertemuan dan siklus II terdapat 4 kali
pertemuan.
Hasil dari siklus pertama sebagai berikut: 1) guru memberikan pembelajaran yang dapat
memotivasi siswa sesuai dengan rencana penelitian dan hasilnya adalah 14 siswa aktif dan
senang dengan kegiatan pembelajaran, 10 siswa kurang aktif, dan 5 siswa pasif. 2) Nilai rata-rata
siswa pada siklus pertama pada pembelajaran kemampuan dasar renang pada siswa TK Albiruni
adalah 19,03.Hasil dari siklus kedua yang merupakan refleksi dari siklus pertama sebagai
berikut: 1) Guru memberikan pembelajaran yang dapat memotivasi siswa sesuai dengan rencana
penelitian dan hasilnya adalah 24 siswa aktif dan senang dengan kegiatan pembelajaran, 4 siswa
kurang aktif, dan 1 siswa pasif. 2) Nilai rata-rata siswa pada siklus kedua dalam pembelajaran
kemampuan dasar renang siswa TK Albiruni adalah 20,55.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya perubahan atau peningkatan hasil
belajar siswa dalam pembelajaran kemampuan dasar renang melalui pendekatan bermain dimana
pada saat siklus pertama diperoleh nilai rata-rata 19,03 nilai rata-rata siklus kedua 20,55 selisih
nilai siklus pertama dengan siklus kedua 1,53. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
kemampuan dasar renang pada siswa TK Albiruni dengan metode bermain dapat meningkatkan
hasil belajar siswa.

Published
2018-03-23
How to Cite
RUSLI, KURNIA. PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DASAR RENANG SISWA TK ALBIRUNI MAKASSAR. Volume 6 No 1, Maret 2018, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 49-57, mar. 2018. ISSN 2338-6029. Available at: <http://stok-binaguna.ac.id/jurnal/index.php/vol6-01-2018/article/view/120>. Date accessed: 16 sep. 2019.